PRAKTIKUM VIRTUAL BERSAMA KAMPUS ATMA JAYA JOGJAKARTA, SMA AL-AZHAR MEMULAI MERDEKA BELAJAR

By adminsmaaz 16 Feb 2022, 09:12:31 WIB Sekitar Kita
PRAKTIKUM VIRTUAL BERSAMA KAMPUS ATMA JAYA JOGJAKARTA, SMA AL-AZHAR MEMULAI MERDEKA BELAJAR

   Menyadari perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang berkembang sangat pesat di era seperti sekarang ini, kompetensi siswa harus disiapkan agar lebih matang sesuai dengan kebutuhan zaman. Lembaga pendidikan dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar siswa dapat meraih capaian pembelajaran mencangkup aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan secara optimal dan relevan.  

   Merdeka belajar merupakan wujud pembelajaran yang diharapkan dapat menjawab tantangan diatas. Dalam merdeka belajar, sekolah diberikan keleluasaan dalam pembelajaran (fleksibel), dengan harapan tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang dan sesuai dengan kebutuhan siswa. 

   Inilah yang kemudian menjadi dasar pijakan bagi SMA Al-Azhar Menganti untuk memulai merdeka belajar. Melaksanakan pembelajaran yang fleksibel, dimana siswa tidak harus mendapatkan ilmu dari guru dikelas. Mereka bebas dan difasilitasi untuk mencari ilmu melalui kegiatan-kegiatan diluar, salah satunya adalah melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh perguruan tinggi.

   Tepatnya pada Sabtu, 5 Februari 2022 kemarin SMA Al-Azhar mengajak siswa-siswinya mengikuti kegiatan praktikum biotechnofun yang diselenggarakan oleh kampus Atma Jaya Jogjakarta. Terdapat 3 tema besar yang diangkat dalam praktikum tersebut diantaranya adalah Isolasi DNA dari Saliva dengan bahan disekitar untuk mendeteksi kesehatan, pembuatan microgreen sederhana untuk memenuhi gizi dan pengujian cemaran bakteri pada produk susu. 

   Meskipun dilaksanakan secara virtual, namun kegiatan praktikum tetap berjalan dengan sangat baik. Antusias siswa SMA Al-Azhar dalam mengikuti serangkaian ceremonial dan praktikum virtual tergambar dari raut wajah yang sumringah dan semangat saat melakukan praktikum. Siswa SMA Al-Azhar juga terlihat aktif bertanya kepada para nara sumber.

   TechnobioFun merupakan tema besar yang diusung kampus Atmajaya untuk memberikan pemahaman kepada siswa SMA tentang peran technologi dan ilmu pengetahuan dalam merespon fenomena lingkungan sekitar yang sudah mulai berubah. Isu perubahan iklim yang merusak biota alam, cuaca ekstrem, penyebaran  wabah penyakit, serta bagaimana cara kita bisa beradaptasi dengan segala perubahan tersebut melalui penguasaan teknologi dan ilmu pengetahuan adalah gambaran besar dari ke-3 tema technobiofun. Yang menarik dari praktikum biotechnofun ini adalah praktikum yang dilakukan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita, sehingga siswa SMA Al-Azhar tampak sangat antusias selama melakukan percobaan.

   Nah, kegiatan di atas adalah satu diantara inovasi pembelajaran yang mulai dikembangakan di SMA Al-Azhar dalam merespon merdeka belajar. Siswa-siswi SMA Al-Azhar tidak hanya belajar di kelas, mereka juga difasilitasi untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan melalui kegiatan-kegiatan pelatihan di luar, kali ini mereka bisa belajar dari Bapak dan Ibu dosen. Nambah guru, nambah teman. Menarik bukan? (Snf)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment