Lestarikan Warisan Budaya Bangsa Melalui Membatik

By adminsmaaz 10 Feb 2022, 04:20:31 WIB Sekitar Kita
Lestarikan Warisan Budaya Bangsa Melalui Membatik

   Selasa, 8 Februari 2022, siswa SMA Al-Azhar Menganti belajar membatik di sekolah. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk menumbuhkembangkan rasa kecintaan siswa terhadap budaya nusantara di tengah-tengah tantangan budaya asing yang mulai digandrungi generasi muda saat ini.

   Siswa antusias mengikuti kegiatan membatik ini. Berbagai motif batik dan warna dipilih sesuai dengan selera siswa. Anggun Rachma Nur Azizah, siswi kelas 12 MIPA-A menuturkan bahwa kegiatan membatik ini seru dan menyenangkan. “Pada tahapan pencelupan kain ke pewarna, kami bisa bereksperimen langsung sesuai keinginan, seru banget.”, tutur Anggun. Pendapat yang tak jauh berbeda dirasakan Ahmad Reifaldi Tri Wicaksono, siswa kelas 12 IPS-C. “Kegiatan ini sangat menyenangkan dan mengedukasi. Batik itu budaya Indonesia.”, tegas Aldi.

   “Kegiatan membatik kali ini kami menggunakan jenis batik ikat celup.”, tutur Ustdzah Fitri Dinarti, S. Pd., selaku guru seni budaya di SMA Al-Azhar Menganti. Ustdzah Dina, begitu beliau lebih akrab disapa, menambahkan bahwa dengan kegiatan ini siswa dapat menjadikan batik sebagai ide bisnis, terlebih lagi di SMA Al-Azhar juga ada program khusus kewirausahaan (KWU) bagi siswa sehingga dapat dipadupadankan dan saling menunjang. Intinya, meski masih di masa pandemi covid-19, jangan dijadikan alasan untuk berhenti berkarya.

   Lebih dari itu, Ustad Nuripan, M. Pd., selaku Kepala Sekolah, menyampaikan bahwa batik ini merupakan warisan budaya bangsa yang wajib dilestarikan. Lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab untuk itu. “Siswa ini merupakan generasi penerus bangsa. Jadi wajib tahu dan melestarikan budaya bangsa, satu di antaranya ya batik ini.”, tegas ustad Nuripan.

   Wah keren kan kegiatan di SMA Al-Azhar Menganti. Semoga siswa-siswi SMA Al-Azhar Menganti dapat membagi ilmu dan pengalamannya di bidang membatik kepada masyarakat sekitar sehingga warisan bangsa ini kian membudaya. (ic)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment